Jepara,extreme.co.id-Acara Bedah Bumi/sedekah Bumi yang merupakan tradisi adat masyarakat Kendengsidialit, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, terlaksana secara meriah. Acara sedekah Bumi di gelar di Balai Desa Kendeng, Rabu 20 Desember 2023.

Saat menjelalang musim tanam tiba Acara Bedah Bumi di lakukan di setiap tahunnya. Hal itu di lakukan sebagai bentuk wujud rasa syukur warga masyarakat desa kendengsidialit.

Dalam acara tersebut petinggi desa mehimbau kepada warga masyarakat agar selalu mengutama kerukunan sesama warga untuk menjalin keeratan dalam bermasyarakat, hal hal yang kurang baik agar di tinggalkan demi kebarsamaan warga.

Bedah Bumi ini bertujuan keselamatan warga dan mendoakan kelimpahan rejeki dari hasil tanam.

Acara ini diawali dengan doa bersama Warga Kendengsidialit dan pagelaran wayang kulit sehari semalam sebelum acara selamatan bedah Bumi ini di laksanakan.

Usai acara pagelaran Wayang kulit baru di laksanakan selamatan bedah Bumi bersama sama dengan warga, kebersamaan dengan warga menciptakan kerunan dan bahu membahu dengan warga desa Kendengsidialit.

Acara ini di hadiri oleh Petinggi Kahono Wibowo Anggota Koramil 06 Welahan, Babinsa serda Mujtahid Desa Kendengsidialit, perangkat desa dan dihahadiri ratusan warga desa Kendengsidialit.

 

Pewarta Chris

Iklan