Lampung utara (Exstrime.co.id ) –
Ratusan kelompok petugas Pemungutan Suara/KPPS di kelurahan rejo sari kecamatan Kota bumi kabupaten Lampung Utara mengikuti bimbingan teknis ( Bimtek) tak lama setelah resmi dilantik, bimtek ini dilaksanakan oleh masing-masing PPS yang ada di kelurahan rejosari Kecamatan Kota, kabupaten Lampung Utara.minggu (28/1/2024).

Prosesi bimtek para KPPS tersebut dihadiri oleh ketua PPK,Agus Toni Kunang, SH, DIV SDM PPK, Ruko Setiawan. SH, DIV. DATIN, Afriando, SH, DIV Tehnis, Yo anda Harun, SH, serta ketua PPS Rejosari, Faizal Ependi, beserta para petugas 154 petugas. TPS dari 22 TPS di kelurahan rejosari, kecamatan Kota bumi, Kabupaten Lampung Utara.
Menurut Agustoni Kunang. SH, pelaksanaan bimbingan teknis ini sangat penting bagi para KPPS yang baru saja dilantik.
Dengan kegiatan ini, para KPPS akan dapat memahami dengan baik tugas pokok dan fungsi mereka masing-masing. “, tutur nya.

“KPPS dapat menentukan kualitas proses pemungutan dan perhitungan suara dalam Pemilu,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, ia menegaskan, setiap KPPS dilarang untuk meninggalkan lokasi TPS selama proses masih berlangsung. Tujuannya agar apa yang terjadi di lokasi dapat benar-benar terpantau.”, tegas nya.

“Sebagai ujung tombak Bawaslu, rekan-rekan KPPS harus paham benar tupoksinya,” Ucap nya.

Sementara itu, Ketua PPS, Rejosari, Faizal Efendi, Kecamatan Kotabumi mengatakan, KPPS itu memiliki berbagai tugas di antaranya mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, pelaksanaan penghitungan suara.

Mereka juga wajib menyampaikan keberatan saat melihat adanya dugaan, pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan, administrasi pemungutan dan penghitungan suara., ” Jelas nya

“Ada tugas dan kewajiban, dan juga larangan yang tidak boleh dikerjakan oleh seorang KPPS,” terangnya.

“Setelah usai pemberitahuan tentang tugas tugas pokok KPPS, lanjut masalah materi pembahasan cara penulisan C1 serta memperagakan untuk petugas TPS mengaplut laporan dan cara menulis angka digital di kolom kolom lembaran yang harus di isi oleh petugas.

Di akhiri dengan pembagian uang trasport pelantikan serta Bimtek, dengan nilai 150 ribu rupiah per orang para petugas TPS, kelurahan rejosari.

Iklan