Karo ( Extreme.co.id ) – Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA, mengatakan bahwa perayaan Tahun Baru Imlek di wilayah Kabupaten Karo, berjalan aman dengan adanya pengamanan dari pihak Kepolisian. Dilakukan pengamanan tersebut untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat dari berbagai agama serta kepercayaannya masing masing.

Kapolres juga menyebutkan, untuk menjaga Harkamtibmas selama perayaan imlek, pihaknya telah melakukan pengamanan di 7 lokasi Vihara Prioritas di Kabanjahe, Berastagi dan Dolat Rakyat.

“Hari ini saya bersama Pejabat Utama (JPU) berpatroli menyambangi salah satu Vihara/Klenteng yang melaksanakan kegiatan sembahyang di Kabanjahe untuk bertemu dan sekaligus bersilaturahmi dengan saudara kita umat Tionghoa”, kata Kapolres saat berada di Klenteng Budi Luhur, JL. Irian Kec. Kabanjahe, Sabtu (10/02/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan pengamanan dan patroli yang dilakukan tersebut, dijelaskan Kapolres, salah satu merupakan bagian dari upaya kepolisian Polres Tanah Karo, untuk memastikan keamanan seluruh rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek di wilayah hukum Polres Tanah Karo. Yang tetap berjalan aman dan kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi saudara saudari umat Tionghoa.

” Kita tadi sempat juga berdialogis kepada jemaat yang baru selesai melaksanakan sembahyang hari raya imlek”, katanya.

Lanjut Kapolres, selain menyiapkan personil untuk pengamanan vihara, pihaknya juga menyiagakan personil pengaturan lalu lintas (Strong Point) untuk mengantisipasi peningkatan arus kendaraan khususnya wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Karo.

“Mengingat saat ini masih dalam masa libur long weekend sejak Kamis kemarin, kita juga menyiagakan personil pengaturan di lokasi lokasi rawan padat kendaraan khususnya di jalur wisata Berastagi”, kata Kapolres.

Selanjutnya Kapolres mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang ingin berwisata, untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas serta antri apabila terjadi kepadatan kendaraan dengan tidak mengambil jalur kanan.

“Tetap kami imbau untuk budayakan antri dalam berlalu lintas, patuhi arahan petugas di lapangan dan bersama menjaga Harkamtibmas. [ Beton Ginting/Roy Prawira ]

Iklan