Bekasi,extreme.co.id-Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa lebih cepat lagi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang), bertempat di Aula Desa Karangsari,

Kamis tanggal 04 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Turut hadir dalam musyawarah, Kepala desa Karangsari seluruh perangkat desa, BPD, Forpimcam, Ketua TP-PKK, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW dan Pendamping Desa.

Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun ini, Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, BK, dan sumber dana lainnya.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa sendiri adalah Dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah Desa lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah:

1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan tahun ini

2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, perwakilan peserta dilanjutkan Ketua BPD dan Kepala Desa.

 

( Jomar )

Iklan