Karo,extreme.co.id-Pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah diambang pintu, dan para Partai Politik (Parpol) begitu juga para calon dan semua pihak terkait terus melakukan persiapan.

Salah satunya yang akan menjadi bagian dari proses Pemilu ini, ialah pihak kepolisian yang ditugaskan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk itu, dalam mempersiapkan personelnya yang nantinya akan bertugas mengamankan TPS, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman mengecek langsung persiapan para personelnya.

Pengecekan ini, dilakukan di halaman apel Mapolres Tanah Karo di Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (29/1/2024).

“Proses pemungutan suara sebentar lagi akan dilaksanakan, kita sebagai pihak yang terlibat untuk mengamankan proses Pemilu tentunya juga harus mempersiapkan diri,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, dalam pengamanan TPS , di Pemilu 2024 nantinya Polres Tanah Karo mengerahkan sebanyak 260 personel.

Dan seluruh personel ini nantinya akan ditugaskan untuk mengamankan 1.217 TPS yang ada di wilayah Kabupaten Karo.

Sambung Kapolres, apel kesiapan ini dilaksanakan sebagai langkah awal pengamanan untuk menyamakan presepsi terkait pelaksanaan pengamanan TPS dan kelancaran Operasi Mantab Brata, khususnya saat pelaksanaan pemilu nantinya pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada apel kesiapan tersebut, kapolres meminta kepada seluruh personil untuk segera melakukan mapping lokasi yang akan dipergunakan sebagai TPS.

Dengan melihat dan mempelajari apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman/hambatan selama kegiatan pengamanan TPS nanti.

“Sebelum hari H pungutan suara, personil harus benar benar mengenali wilayah dan jalin komunikasi dan koordinasi dengan petugas PPK, Panwaslu Kecamatan, KPPS dan PPS serta Linmas sehingga pengamanan dapat optimal,” katanya.

Menjelang penugasan personelnya yang akan disebar ke seluruh wilayah Kabupaten Karo ini, kapolres juga menekankan kepada personel untuk melaksanakan tugas sesuai SOP.

Kapolres meminta kepada personel untuk menunjukkan sikap simpatik dan humanis, baik kepada masyarakat ataupun petugas penyelenggara pemilu.

“Jaga harkat martabat Polri dengan tidak melakukan pelanggaran dan tetap tampilkan Polri yang simpatik dan humanis kepada masyarakat serta junjung tinggi netralitas. Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri siap mengamankan Pemilu 2024,” kata Kapolres.

 

Pewarta: Beton Ginting/Roy Prawira.

Iklan