Semarang,extreme.co.id-PELAKU usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari generasi milenial dan GenZ dikota semarang mendapat pelatihan digital marketing UMKM dari relawan mas gibran rakabuming BOLONEMASE kota semarang, untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Onlineshop Pada Umkm. Pelatihan dilakukan di sekretariat bolonemase kota semarang jln gombel lama 39A dihari Rabu 13 september 2023
koordinator bolonemase (fauzi ardiansyah) mengungkapkan ” kawan2 relawan bolonemase kota semarang diarahkan untuk selalu bergerak inspiratif dan kreatif serta berkegiatan yang dapat memberi ilmu dan mempunyai nilai tambah yang bermanfaat untuk masyarakat.”
ini adalah bentuk pengabdian relawan mas gibran bolonemase kepada masyarakat, sesuai spirit mas gibran rakabuming raka untuk membantu para pelaku usaha dalam memberikan Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital agar dapat Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di kota Semarang, ungkapnya.
Ketua UMKM dr tim kreatif bolonemase (Rais Firdaus Handoko) mengungkapkan, tujuan kegiatan ini, agar pelaku UMKM, bisa memanfaatkan teknologi untuk mendukung pemasaran produk secara global serta menjangkau target pasar melalui digital. “Pelatihan ini menjadi salah satu solusi kebangkitan para pelaku UMKM khususnya dikota semarang. Sebab mereka menginginkan produknya dapat go Internasional. Kami memilih pelatihan digital marketing karena pelaku UMKM memiliki kendala dalam memasarkan produk untuk sampai _go Internasional,”_ ungkap Raiz firdaus. Kegiatan ini digelar gratis, karena Spirit Mas Gibran Rakabuming Raka, yang tidak lain walikota surakarta itu sangat peduli dengan pelaku UMKM dan juga sosok yang sangat peduli terhadap berbagai kalangan. Dari anak muda hingga orang tua termasuk emak-emak dan berusaha terus menciptakan lapangan kerja,” jelas raiz firdaus “Kita tidak mau Indonesia ini ada pengganguran minimal mereka bisa berwirausaha. Sehingga program yang diberikan dapat menciptakan lapangan kerja secara luas” sambungnya.
fauzi ardiansyah menambahkan, para peserta dalam pelatihan tadi juga mendoakan dan mengharapkan serta mendorong mas gibran rakabuming raka berkenan maju menjadi cawapres di 2024 dan mendoakan semoga gugatan usia di MK dapat dikabulkan, ” umur bukan menjadi patokan, aturan ini tidak berdasar karena kematangan seseorang tidak ditentukan oleh usia, selagi siapa saja memiliki kemampuan untuk memimpin dan membangun negeri tercinta ini, semua berhak. harapan masyarakat siapapun yang jadi pemimpin yang terpenting harus adil dan memikirkan masyarakat terutama masyarakat kecil.
menurut relawan bolonemase kota semarang, saat ini negeri ini membutuhkan pemimpin yang peduli terhadap umkm sebagai penopang utama ekonomi untuk membawa program2 umkm tersebut akan terus berlanjut hingga tingkat kelurahan / desa dan mendorong pelaku UMKM bisa meningkatkan penjualan mereka naik kelas membawa indonesia emas 2045, dan mas gibran inilah sosok yang pas untuk mewakili generasi milenial dan Gen Z sebagai pemimpin inspiratif bagi kaum milenial dan gen Z menghadapi bom demografi ditahun mendatang yang bergerak di bidang UMKM. “Karenanya, kami mendukung Mas gibran rakabuming menjadi calon Presiden 2024. mas walikota solo ini sosok leader yang dapat merangkul seluruh kalangan dalam segi ekonomi. Dengan ini saya perwakilan millenial dan pelaku UMKM mendukung mas gibran di 2024,” kata (gus huda) salah satu peserta pelatihan tsb.
(Rais Firdaus) dari team kreatifitas bolonemase kota semarang mengungkapkan program umkm ini merupakan Metode kegiatan pengabdian relawan bolonemase kepada masyarakat yang dilakukan dan dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama para pelaku umkm di kota semarang, untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM. Kemudian, tahap sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh tim. Hasil penelitian ini relawan bolonemase membuat agenda *”KASIH GiBRAN* : (Ketrampilan, AkSI, Hiburan, Gelaran SOSiAL, Bazaar, dan pameRAN ).
Pengetahuan mengenai pemasaran online sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai strategi pemasaran setelah disampaikan semakin meningkat.
Reporter : Soleh